APLIKASI PEMBELAJARAN SMK YANUDA TAMA CIREBON

Diposting : Anggini   Tanggal : 26 Februari 2017 10:15:34   Dibaca : 165 Kali

Pembelajaran matematika dengan model pembelajaran investigasi kelompok

MODEL INVESTIGASI KELOMPOK

Investigasi secara bahasa adalah penyelidikan dengan mencatat atau merekam fakta, melakukan peninjauan, percobaan, dan sebagainya, dengan tujuan memperoleh jawaban atas pertanyaan (tentang peristiwa, sifat atau khasiat suatu zat, dan sebagainya). Sementara investigasi matematika adalah suatu pendekatan pembelajaran yang dapat mendorong suatu aktivitas percobaan (experiment), mengumpulkan data, melakukan observasi, mengidentifikasi suatu pola, membuat dan menguji kesimpulan/dugaan (conjecture) dan jika dapat pula sampai membuat suatu generalisasi. Model investigasi kelompok melibatkan siswa dari perencanaan,mulai dari menentukan sub topic maupun cara untuk mempelajarinya melalui investigasi. Model ini menuntuk siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi maupun keterampilan dalam proses kelompok. Pada model investigasi kelompok ini siswa dikelompokkan dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4 sampai 5 orang siswa secara acak. Setelah itu setiap kelompok memilih topic yang akan dipelajari,lalu melakukan investigasi pada sub topic mulai dari menelaah materi,mengerjakan,lalu melaporkan hasil yang telah diperoleh setelah berdiskusi secara berkelompok.

Tahap-tahap pembelajaran investigasi kelompok :

  1. Mengidentifikasi topik dan mengatur siswa ke dalam kelompok
  2. Merencanakan tugas yang akan dipelajari
  3. Melaksanakan investigasi
  4. Menyiapkan laporan akhir
  5. Mempresentasikan hasil laporan akhir
  6. Evaluasi

Kelebihan dan kelemahan model pembelajaran investigasi kelompok

  • Kelebihan

1. Dapat melatih siswa untuk menumbuhkan kemampuan berpikir mandiri, kritis,kreatif,reflektif,dan produktif.

  • Dapat melatih siswa untuk mengembangkan sikap saling memahami dan menghormati.

3. Dapat melatih siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi.

  • Dapat menumbuhkan sikap saling bekerja sama antar siswa.
  • Kelemahan
  • Merupakan modelpaling kompleks dan paling sulit dilakukan dalam proses belajar mengjar.
  • Dalam pelaksanaannya membutuhkan waktu yang relative lama.
  • Sulit diterapkan apabila siswa tidak memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik.

HAKIKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA

pembelajaran merupakan perkembangan dari istilah belajar-mengajar atau proses belajar-mengajar yang telah cukup lama digunakan dalam pendidikan formal (sekolah).

Matematika adalah ilmu tentang bilangan, hubungan antara bilangan dan prosedur operasional yang digunakan dalam penyelesaian masalah mengenai bilangan. Sehingga pembelajaran matematika merupakan sebuah proses interaksi guru, siswa dan sumber belajar dalam sebuah lingkungan belajar untuk memepelajari matematika atau bilangan secara lebih mendalam.

 

Pembelajaran matematika di sekolah dasar mempunyai tujuan agar siswa memahami konsep. Selain pemahaman konsep penalaran merupakan tujuan yang harus dikembangkan di sekolah dasar adalah penalaran induktif diamana siswa mengkaji hal-hal bersifat umum.

PENILAIAN

Dalam Penilaian pembelajaran investigasi kelompok, meliputi: penilaian proses belajar dan penilaian hasil belajar. Penilaian yang dilakukan dalam proses belajar model investigasi kelompok melalui pengamatan guru terhadap perilaku setiap siswa selama proses pelaksanaan pembelajaran investigasi kelompok. Penilaian hasil belajar dalam bentuk tes berupa tes tertulis.

 

(anggini)