logo SMK YANUDA TAMA
  • SMK YANUDA TAMA
  • Unggul, Berakhlak Mulia, Prestisius, Kompetitif, Kreatif, IMTAQ dan IPTEK
April Mop Haram Dilakukan Umat Islam ? Ini Sejarah Singkatnya

April Mop Haram Dilakukan Umat Islam ? Ini Sejarah Singkatnya

Bagaimana asal-usul atau sejarah adanya April Mop? Versinya beragam, mulai dari perang salib hingga versi Joseph Boskin. Lantas, apakah april mop haram dilakukan umat Islam?

Namun, salah satu versi mengungkapkan saat April Mop atau The April’s Fool Day, yang jatuh setiap 1 April, mengaggap setiap orang boleh dan sah menipu. Baik kepada teman, tetangga, orang tua, atau yang lainnya. Dengan syarat, sang target tidak boleh marah, atau bahkan emosi ketika sadar dirinya telah menjadi sasaran April Mop.

April Mop disebut juga sebagai hari kesenangan. Tujuan berbohong pada hari tersebut adalah untuk bercanda, usil, maupun iseng dalam rangka kepuasan dan kesenangan. Bahkan tidak jarang, untuk mendapat kepuasan tersebut malah berdampak merugikan orang lain.

Selain itu, April Mop kerap menimbulkan kerugian materi dan fisik. Seperti di Nepal, karena lelucon April Mop sebuah pesawat gagal lepas landas. Lalu di Yordania, satu kota hampir di evakuasi gara-gara kebohongan yang dibuat seseorang saat memperingati April Mop.

Berbohong bukan suatu hal yang bisa dijadikan lelucon. Karena itu, Islam sebagai agama rahmatan lil’alamin, tidak menghendaki umatnya melakukan perbuatan kidzib atau dusta.

Selain karena termasuk perbuatan yang tidak disukai Allah Swt, dusta juga dinilai merugikan orang lain. Firman Allah Swt dalam Surah Al-Israa' ayat 36: “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggung jawabnya,” (Al-Israa’: 36).

Bohong merupakan penyakit yang menghinggapi masyarakat sepanjang zaman, yang menyebabkan timbulnya segala bentuk kerendahan dan kejahatan. Suatu masyarakat tidak akan lurus selamanya jika perbuatan bohong itu menjadi suatu budaya atau lelucon yang dianggap baik, seperti April Mop, demikian dilansir Republika.

April mop atau dikenal dengan April Fools' Day yang dirayakan tiap 1 April merupakan hari ketika orang-orang boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Hari ini ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya terhadap siapa saja dengan tujuan mempermalukan orang-orang yang mudah ditipu.

Terdapat sejumlah versi soal asal mula peringatan April mop. Salah satu versi menyebut April mop sebenarnya perayaan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol yang dilakukan lewat cara-cara penipuan. Karena alasan itulah mereka merayakan April mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekadar hiburan atau keisengan belaka.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Menakjubkan, Prediksi 5 Teknologi yang Akan Ada di Tahun 2050

Perkembangan teknologi terjadi begitu pesa di akhir abad ke 19. Hingga kini teknologi berkembang dari demi hari sejak beberapa dekade lalu. Terlebih saat teknologi informasi dapat dig

26/03/2021 02:20 WIB - Moh. Yahya
3 Tantangan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Depan

Seperti yang kita ketahui perkembangan teknologi dan komunikasi akan terus berevolusi. Perkembangan teknologi tersebut sejalan dengan sifat manusia yang tidak akan pernah berhenti ber

26/03/2021 02:06 WIB - Moh. Yahya